Opinion

Tentang Berduka dan Cara Bahagia

sebuah catatan lanjutan mengenai “Jatuh Cinta Seperti di Film-film”.

Jatuh Cinta Seperti di Film-film adalah sebuah film drama romantis Indonesia tahun 2023 yang disutradarai dan ditulis oleh Yandi Laurens. Film yang tayang di bioskop Indonesia pada 30 November 2023 ini dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Sheila Dara, dan Dion Wiyoko.

Premis

Bagus, seorang penulis skenario, bertemu kembali dengan teman SMA dan pujaan hatinya, Hana, yang masih berduka karena kehilangan suaminya. Dia ingin meyakinkan Hana untuk jatuh cinta sekali lagi, seperti di film-film. Dalam perjalanannya, Bagus dan Hana sama-sama belajar banyak tentang melepaskan dan kehilangan, tentang ego masing-masing, dan saling mendewasakan diri.

Review

Pertama kali aku menonton film ini, aku dibuat menyesal. Menyesal kenapa sudah menonton, karena it would be great if I had another first time of watching it! Film di dalam film. Smart, but still sensible. Haru, namun tetap menyelipkan komedi-komedi lucu. Pokoknya film ini pas, tidak kurang dan tidak lebih!

Mengesampingkan romansa dan berduka, film ini bagiku lebih personal lagi, yaitu tentang diri.

Layaknya helikopter, film Jesedef mengingatkanku untuk mengambil jarak dari suatu masalah (penggunaan sudut pandang orang ketiga dalam Les Nulis Kak Izzi! 😆). Barangkali, masalah kita cuma perlu dilihat dari jarak yang sesuai. Tidak terlalu dekat sehingga membuat kita kewalahan, tidak juga terlalu jauh sehingga membuat kita abai.

Akting Nirina Zubir cantik sekali! Rasanya ini adalah akting terbaik sepanjang karier berfilmnya. Ringgo Agus Rahman juga sangat sesuai dengan perannya, suara Ringgo yang berat dan bertimbre juga sangat cocok untuk difilmkan.

Sebagian besar film ini berisi tentang dialog, tetapi sutradaranya mengemas film ini dengan mengesankan, sehingga penontonnya tidak dibuat bosan. Percakapan demi percakapan mengalir dan membuat kita seolah berada di ruang yang sama dengan main characternya.

Akhir kata, film ini adalah film yang sangat layak untuk ditonton di tahun 2023 ini.

5/5!

10 Comments

  • Nasha UJ

    banyak bget nih yg rekomendasikan film ini. aku yg awalnya sangsi krn genrenya drama jadi mulai percaya kl kita bisa bikin film drama yg berkesan, sarat makna, sekaligus menghibur.

  • Lifestyle Blogger

    wah kalau akting RInggo sama Nirina kayaknya ga diragukan ya filmnya pasti berkesan, sayangnya belum nonton film ini jadi penasaran. sepakat banget dengan ini “Tidak terlalu dekat sehingga membuat kita kewalahan, tidak juga terlalu jauh sehingga membuat kita abai” membuat kitanya juga jauh lebih rasional saat menghadapi masalah

  • Andri Marza Akhda

    Film tentang full drama percintaan gini, memang menuntut untuk fokus sama dialognya ya. Tapi syukur lah ada sosok Ringgo, yang memang terkenal jenaka dari dulu. Jadi benar sih, meskipun full dialog, tapi review yang bilang film gak membosankan, gak kurang dan gak lebih, saya rasa benar adanya.

  • Ninin

    Film bergenre seperti ini memang harus fokus dengan setiap kalimat percakapan di dalamnya dan akting pemainnya juga harus dapet banget biar feel ceritanya terbangun. Untuk urusan akting sih Ringgo sama Nirina gk usah diraguin lagi yess…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *