Book Review,  Books & Reading

Keep Going – Austin Kleon, Cara Membuatmu Tetap Kreatif [Book Review]

“Entah kamu mengalami kejenuhan, baru mulai dari awal, sedang memulai kembali, atau sudah sukses besar, pertanyaannya selalu sama: Bagaimana cara untuk terus bergerak?”

Menjadi pekerja kreatif berarti kamu harus selalu merancang hal untuk kamu kerjakan, dan semua hal itu (ide, konsep, persiapan, pelaksanaan) kebanyakan kamu pikirkan sendiri. Kadang-kadang, itu bisa membuatmu sangat capek wkwkwk.

Kleon sebagai seorang penulis, menuliskan hal-hal sederhana yang membantunya tetap bisa terus menghasilkan karya:

  • Membuat jadwal, akan menghemat waktu untuk berpikir apa yg selanjutnya akan dilakukan
  • Make your own space
  • Jangan pedulikan aspek kualitatif dari karya (angka-angka, likes, dll) dan berkaryalah karena kamu suka
  • Perhatikan sekelilingmu
  • Gerakkan badan, minimal jalan kaki. Memudahkan kita untuk berpikir
  • Tidur siang, penting untuk produktivitas, dan lain-lain.

Kesemuanya ringan, dan mungkin telah kita lakukan sehari-hari. Tapi Kleon mengingatkan kembali tujuan dari kegiatan-kegiatan tersebut, juga niat awal kita untuk membuat karya. Ketika kita mengingat hal-hal dasar itu, diharapkan fokus kita dapat kembali dengan apa yg ingin kita tuju dari karya itu.

Dariku 🌟🌟🌟🌟/5! Aku cukup suka karena ringan pembahasannya & banyak ilustrasi lucu 😆 Tepat sasaran untuk mengingatkan apa tujuan sebenarnya saat kamu membuat karya.

Aku kira awalnya ini buku yg saklek how to do gitu ternyata lebih kepada.. buku motivasi? Tapi dengan cara yg lebih slengean. Pembahasannya lepas dan nggak memaksa kita buat melakukan a b c.

Aku penasaran buku ini dalam English versionnya pasti seru! Noura Books @NouraPublishing melakukan penerjemahan yg baik dan enak dibaca, kudos! Bahkan meninggalkan beberapa part dalam bahasa aslinya karena lebih enak dibaca kayak gitu.

Buku ini worth it sih menurutku buat dibaca-baca lagi. Baca ini ngingetin aku sm You Do You-nya Koh Ruby soalnya simpel, singkat, tapi ga meninggalkan referensi. Selain itu, buku ini juga banyak berinteraksi dengan pembacanya.

Jadi pengen punya versi cetaknya, karena aku baca di Google Books. Tapi tar dulu bestiee, tbr masih buanyak bgt wkwkwkwk.

Menurut Kleon, buku ini cocok untuk seniman dan penulis. Meski secara keseluruhan, menurutku buku ini bisa untuk siapa saja, karena kehidupan sendiri adalah seni untuk dijalankan 🤍

Untuk review yg lebih lengkap per-bab, aku sudah mereviewnya di akun Twitterku disini.

📲 Beli & baca di Google Play Books
📚 Terbitan @nourapublishing
💰 IDR 16.000 karena dulu dapet diskon first purchase 😆😂

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *