Pahlawan-IDN-Times-2021
Featured

IDN Times Umumkan 5 Pahlawan IDN

Hari pahlawan yang berlangsung 10 November lalu membawa banyak refleksi pada diri kita, tentang bagaimana pahlawan bangsa mempertaruhkan semua yang dimilikinya demi bangsa Indonesia. Pahlawan yang tidak mementingkan kepentingan sendiri dan mengedepankan kepentingan bersama.

Di zaman sekarang, mudahnya akses serta berlimpahnya sumber daya sekilas memberikan ilusi bahwa negeri ini tidak kekurangan. Namun lain ladang lain belalang, lain zaman tentu berlainan pula masalahnya. Bangsa ini masih memiliki banyak sekali hal yang bisa diperbaiki. Dan ternyata masih ada lho, pemuda pemudi millenials yang memiliki daya juang dan semangat para pahlawan Indonesia! Yuk, simak tulisan di bawah ini!

Program Pahlawan IDN

Di kuartal ketiga tahun 2021, IDN Media mengadakan program Pahlawan IDN yang bertujuan untuk memberikan apresiasi bagi figur-figur inspiratif Millennial & Gen Z yang berhasil menginisiasi gerakan positif di bidang Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan, Ekonomi, Teknologi, Proyek Kreatif, dan Komunitas.

Tepat pada Hari Pahlawan, IDN Media mengumumkan 5 pemuda dan pemudi Indonesia yang berhasil membawa pulang gelar pemenang utama dari program yang mengusung tagline Satu Negeri Beragam Inspirasi. Kelima pemenang tersebut adalah:

  1. Riliv, yang diwakili oleh Audrey Maximillian Herli

Berawal dari keresahan karena perawatan kesehatan mental di Indonesia terkesan sulit dijangkau, Audrey membuat perusahaan rintisan bernama Riliv untuk memberikan alternatif perawatan kesehatan mental. Riliv bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk dengan Himpunan Psikologi Indonesia dalam perekrutan konselor berlisensi.

2. Plana (Plastic for Nature) yang diwakili oleh Joshua Christopher Chandra

Sebanyak 64 juta ton plastik dihasilkan oleh rumah tangga di Indonesia (BPS, 2021) menyebabkan Plana sebagai organisasi sosial yang bergerak di bidang daur ulang plastik ingin melakukan inovasi dan peningkatan teknologi dalam melakukan daur ulang sampah plastik. Sebanyak 14 ribu kilogram sampah plastik sudah berhasil didaur ulang Plana hingga tahun 2021.

3. Mataharikecil Indonesia yang diwakili oleh Yasser Muhammad Syaiful

Mataharikecil Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2015 ini merupakan komunitas di bidang sosial dan pendidikan, yang berangkat dari isu banyaknya anak yang bekerja pada waktu ketika mereka seharusnya belajar di sekolah.  Komunitas yang berdomisili di Bandung dan Jakarta ini juga membantu keluarga atau orang tua dari anak untuk meningkatkan pendapatannya melalui program sociopreneruship.

4. BecomeMore Indonesia yang diwakili oleh Agalia Sakanti Ardyasa

Program ini mendukung proses pengembangan diri untuk siswa SMP dan SMA di Indonesia melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan yang bertujuan untuk meminimalisir kesenjangan akses pendidikan yang didapat antara sekolah negeri dengan sekolah swasta. Komunitas ini memiliki misi utama yakni 3S: to Speak Up, to Share, dan to Support.

5. Literasi Anak Banua yang diwakili oleh Alvian Wardhana

Banyaknya anak-anak di daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) di Kalimantan Selatan yang belum bisa membaca dengan lancar serta minimnya akses terhadap ilmu dan buku bacaan yang baik, serta kurangnya tenaga pengajar yang kompeten menjadi dorongan utama berdirinya komunitas Literasi Anak Banua. Lebih dari 14 desa di 3 kabupaten telah dijangkau dengan lebih dari 1800 anak-anak yang sudah merasakan manfaat positif dari komunitas ini.

Kelima Pahlawan IDN tersebut diumumkan secara langsung melalui platform TikTok IDN Media serta berhak mendapatkan hadiah berupa sejumlah uang tunai. Bentuk apresiasi dari IDN Media juga meliputi publikasi dari IDN Media tentang komunitas-komunitas tersebut selama satu tahun penuh.

Para pemenang juga memiliki kesempatan untuk turut mengikuti signature event yang dilaksanakan oleh IDN Media. Selain itu, kelima pemenang juga terhubung dengan jaringan masif komunitas dan mitra yang dimiliki oleh IDN Media.

Aspek Penilaian

Dalam menetapkan pemenang, hal-hal yang menjadi kriteria penilaian antara lain:

  1. Orisinalitas dan keunikan ide
  2. Tujuan kegiatan
  3. Hasil
  4. Sebaran dampak kegiatan di sektor terkait, serta
  5. Keberlanjutan inisiatif mereka dalam jangka panjang

Apa Kata Para Juri

Program yang perdana dilaksanakan pada tahun 2021 ini memiliki seleksi yang ketat serta dinilai oleh juri yang berasal dari berbagai latar belakang, antara lain Winston Utomo (CEO IDN Media), Zefanya Deby (Head of Communications IDN Media), Uni Lubis (Editor-in-Chief IDN Times), Najelaa Shihab (Pendidik & Pendiri Semua Murid Semua Guru), dan William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP).

Uni Lubis (Editor-in-Chief IDN Times) berharap bahwa program ini akan membawa dampak baik untuk menjaga kelangsungan organisasi dan komunitas, agar peluang-peluang baik semakin terbuka.

Uni Lubis (Editor-in-Chief IDN Times)

Najelaa Shihab (Pendidik & Pendiri Semua Murid Semua Guru) mengungkapkan harapannya agar lebih banyak orang yang sadar pada perubahan masing-masing diri. Najeela juga berpesan agar fokus terhadap dampak dan keberlanjutan dari kegiatan yang telah diusung.

Najelaa Shihab (Pendidik & Pendiri Semua Murid Semua Guru)

William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP) melontarkan kekagumannya akan komitmen para pemenang terhadap misi sosial dan lingkungan di usia yang masih sangat muda. William berpesan untuk selalu mencari support system yang dapat mendukung hal-hal baik yang telah diinisiasi.

William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP)

Menginspirasi Millenial dan Gen Z di Indonesia

Adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi untuk generasi millenial dan gen Z agar terus mengembangkan kapasitas dan potensi diri untuk bersama-sama memajukan bangsa ini.

Tentunya setelah melihat kontribusi para pemuda dan pemudi berprestasi diatas, teman-teman juga diharapkan ikut terinspirasi, nih. Bagi yang hendak memulai, yuk, bersama-sama mengembangkan potensi diri untuk seluas-luasnya kebermanfaatan! Karena kalau bukan kita, siapa lagi? ­čÖé

Baca juga: Cara Mudah Menonton Olimpiade Tokyo 2020 di Aplikasi Video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *