Personal Life

2022: New Beginning

Tahun baru adalah saat yang tepat untuk melakukan refleksi dan kontemplasi atas hal-hal yang sudah lewat. Seperti yang sudah-sudah, biasanya saya akan mengecek journal. Mencoret yang sudah tercapai, menandai yang belum, menyusun ulang resolusi.

Kali ini, sepertinya keinginan saya banyak sekali yang berbeda ketimbang tahun lalu. Mengingat ada beberapa hal baru yang diadopsi, pun sebaliknya, ada beberapa hal yang ditinggalkan.

Hari pertama di tahun baru, saya mengingat sebuah keputusan penting yang saya buat Juni lalu yaitu membeli sebuah domain blog. Yang awalnya merupakan keputusan impulsif agar lebih fokus untuk menulis review buku.

Yang mengarahkan saya kepada dua pertanyaan:

1. Untuk apa saya membaca?

2. Untuk apa saya menulis?

Lalu saya menemukan jawabannya, yaitu untuk diri saya sendiri. Dan dari dulu, sebenarnya selalu seperti itu.

Saya membaca hal-hal yang saya suka. Baru di tahun 2021 kemarin, saya terpikir untuk membagikan apa yang saya baca karena beberapa akun perbukuan yang saya follow. Juga karena pengaruh beberapa klub buku yang saya ikuti. Selain itu, saya juga kepikiran, sayang sekali kalau buku-buku bagus ini tidak dinikmati oleh orang banyak. Saya ingin membagikan kesenangan yang saya temukan dalam membaca, agar bukan cuma saya saja yang menikmatinya, tetapi juga banyak orang.

Dengan adanya keinginan berbagi, niat awal untuk menulis dan membaca jadi sedikit terdistorsi. Terkadang saya membaca buku yang sebetulnya tidak saya inginkan, saya menulis hal-hal yang sebetulnya tidak saya nikmati. Membuat saya lupa, bahwa seharusnya hobi yang saya lakukan haruslah menyenangkan diri saya sendiri terlebih dahulu, sebelum menyenangkan orang lain.

Apa gunanya hobi, bila kita sendiri tidak menikmati saat-saat melakukannya?

Di 2022 ini, dengan adanya platform dan media yang sudah dimiliki, saya berharap kegiatan membaca dan menulis yang biasa saya lakukan, selain menyenangkan, juga bisa bermanfaat untuk orang lain.

Menuju 2022 yang lebih bermanfaat dan melampauinya! ­čśü­čĺ¬

Postingan ini dibuat untuk mengikuti #31daywritingchallengeid yang diadakan oleh kak Grisselda Nihardja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *